Friday, January 28, 2011

Tak Mau Malu Lagi, Facebook Perbaharui Sistem Keamanannya

Facebook mengumumkan fitur keamanan terbaru yang dirancang untuk mencegah penyerang yang mengintai pengguna melalui penelusuran situs jejaring sosial melalui jaringan internet publik.

Pengguna dapat menelusuri Facebook dengan "HTTPS," sebuah protokol terenkripsi yang mencegah pembajakan yang tidak sah yang bisa mencuri informasi pribadi dan juga data.

"Facebook saat ini menggunakan HTTPS, yang setiap kali password Anda akan dikirim kepada kami, tapi hari ini kita memperluas penggunaan dalam rangka untuk membantu menjaga data Anda yang lebih aman," tulis Alex Rice, seorang insinyur keamanan Facebook, seperti diberitakan Cellular News, Jumat (28/1/2011).

"Anda harus mempertimbangkan mengaktifkan opsi ini jika Anda sering menggunakan Facebook dari jalur akses internet publik seperti ditemukan di warung internet, bandara, perpustakaan atau sekolah," katanya lagi. Namun dia memperingatkan, meskipun pengguna sudah menggunakan HTTPS, dapat menyebabkan halaman memuat pada tingkat lebih lambat dan bahwa beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin tidak kompatibel dengan protokol.

Pada titik tertentu, HTTPS akan ditawarkan sebagai default setting untuk semua pengguna. Google mengumumkan sebuah inisiatif yang sama untuk layanan Gmail yang kira-kira setahun yang lalu.

Seperti diketahui, hali ini dilakukan pihak manajemen Facebook setelah fan page milik pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, 'dikerjai' oleh hacker. Dalam aksinya sang hacker meninggalkan pesan untuk Zuckerberg agar lebih memikirkan Facebook untuk tujuak sosial yang baik ketimbang keuntungan bisnis semata.

Ditengarai, kemungkinan besar Zuckerberg menjadi target hacker dengan menggunakan jebakan Firesheep saat menggunakan jaringan nirkabel wifi yang tidak terenkripsi di tempat umum, seperti kafe, hotel, bandara atau lokasi lainnya
http://www.suaramedia.com

No comments:

Post a Comment